Mesjid Al-Hakim yang juga dijuluki Al-Anwar merupakan situs utama keagamaan islam di Kairo. Nama mesjid ini disandarkan pada Al-Hakim bi Amrillah yang merupakan khalifah ke-enam dinasti Fathimiah. Awalnya mesjid ini dibangun oleh Al-Aziz, namun dinamai Al-Hakim yang telah menyelesaikan pembangunannya. Mesjid ini selesai pada tahun 1013 dan masih digunakan hingga sekarang. Selama perjalanannya, mesjid ini pernah difungsikan untuk gudang dan sekolah dasar sebelum dikembalikan fungsinya sebagai mesjid pada 1980.

    Mesjid bergaya Fathimiah ini dibangun selama 20 tahun. Tidak mengherankan melihat dari arsitektur megah dan bangunannya yang super luas. Mesjid ini dilengkapi dengan pelataran terbuka layaknya mesjid kebanyakan di kota kairo. Ada banyak tiang-tiang sejajar berbentuk persegi panjang di sekelilingnya. Dinding mesjid ini berbentuk simetris satu sama lain. Desainnya sangat mirip dengan Masjid ibnu tulun. Bagian paling menakjubkan dari mesjid ini adalah menara di kedua sisinya. Salah satunya menjulang di ketinggian 33,7 meter. Sedangkan yang lainnya adalah 24,7 meter. Mesjid ini juga dilengkapi dengan air mancur di halamannya. Ada mihrab dengan karpet hijau membentang di sebahagian besar bagian mesjid, dan lampu gantung yang indah didalamnya. Di bagian tengah mesjid ini ada tempat wudhu. Sedangkan di sisi mesjid terdapat dua buah kolam.

    Mesjid ini sudah dilanda gempa beberapa kali. Renovasi dilakukan untuk menjaga mesjid ini tetap kokoh. Dan sekarang bagian menara adalah satu-satunya bagian mesjid yang tidak mengalami perubahan sama sekali. 

Share To:

FS Almakki

Post A Comment:

0 comments so far,add yours