Jalan Muidz Lidinillah Al-Fatimi atau disingkat jalan Al-Muidzz, disebut syari' dalam bahasa arab merupaka tempat yang terkenal bagi pelancong di kota Kairo. Terletak berdekatan dengan destinasi wisata lain seperti mesjid azhar, khan el-khalili, bab futuh, dan mesjid husein, tak ayal membuatnya semakin dikenal. Dibangun pada abad ke-10 oleh dinasti Fatimiah, membuat  Jalan ini tercatat sebagai salah satu jalan tertua di Kairo. Sepanjang jalan ini kita dapat menemukan banyak bangunan bersejarah, pedagang cindera mata, pedagang makanan dan cemilan khas mesir, serta tempat-tempat yang instagramable.


               Jalan ini terbentang dari salah satu gerbang masuk kota, yaitu bab futuh di utara, hingga gerbang bab zuwayla di selatan. Panjangnya sekitar satu kilometer. Meskipun secara resmi jalan ini hanya disematkan untuk jarak 1000 Meter ini, dalam prakteknya, jalan ini berlanjut lebih jauh ke selatan beberapa kilometer melewati Qasaba Radwan Bey, dan berakhir di Qarafa.


               Daerah jalan ini merupakan poros utama kehidupan ekonomi dan keagamaan di kota kairo. Yang paling mencolok adalah sepanjang jalan ini kita dapat menemukan monumen penuh sejarah. Diantaranya : Masjid Hakim bi Amrilllah (1013), Masjid Sulaiman Agha Al-Shilahdar (1839), Bayt Al-Suhaymi (1796), Masjid Al-Qamar (1125), dan puluhan bangunan yang terdori atas masjid, madrasah, dan beberapa benteng. 

Share To:

FS Almakki

Post A Comment:

0 comments so far,add yours