Silaturrahmi dan Maota Santai

Silaturrahmi dan maota santai

Senin, 3 Agustus 2020. FS Almakki mengadakan acara silaturrahmi dan maota santai dengan buya Zulhamdi Malin Mudo.  Maota kali ini bertemakan "rihlah fi thalabil ilmi". Tema yang sangat relevan untuk para alumni MAN/MAPK Koto Baru, Padang Panjang yang saat ini tersebar di berbagai negara. Tampak hadir alumni dari Mesir, Indonesia, UEA, Pakistan dan lain-lain. 

Dalam maota santai ini, buya Zulhamdi banyak berpesan kepada para alumni yang juga merupakan murid-murid beliau untuk selalu bersemangat dalam belajar. "Cara para ulama mendapatkan ilmu adalah dengan rihlah (merantau), baik merantau di dalam negeri ataupun di luar negeri. Yang terpenting adalah kesungguhan kita dalam belajar. Duduk lah dengan banyak guru, jangan hanya terpaut dengan satu guru saja. Kita tidak tau kesalahan guru kita kecuali setelah kita berguru dengan orang lain. Ambil ilmu sebanyak-banyaknya. Kuasai dulu bahasa arab, sering-seringlah menerjemahkan kitab dan sibukkan diri dengan keilmuan" ujar buya Zulhamdi dalam nasehatnya. 

Acara yang berlangsung dua jam lebih ini seolah-olah mengobati rindu dengan suasana di Koto Baru.  "Lapeh teragak mandanga nasehat ustaz" kata salah seorang peserta. Di akhir acara, buya Zulhamdi juga berpesan agar jangan takut dan gugup tatkala terjun ke masyarakat nantinya, semuanya harus dicoba. "Berdakwah di tengah masyarakat nanti harus menyesuaikan dengan keadaan mereka. Ada orang yang suka dengan pengajian serius, ada yang suka dengan kajian tasauf, ada yang suka kajian dengan sedikit lelucoan dan semua itu hal yang wajar. Karena itu, dari sekarang pelajarilah bermacam-macam ilmu. Kalau kuliah jurusan tafsir hadis, jangan lupa belajar fikih dan ushul fikih. Begitu juga dengan mahasiswa syariah, juga  harus belajar tafsir dan hadis" tambah beliau

Komentar