Keutamaan Ibadah Puasa

Benarkah Allah telah menyediakan satu pintu khusus untuk orang yang berpuasa?

Puasa merupakan salah satu rukun islam. Yang mana setiap kita diwajibkan untuk melaksanakannya,  baik laki-laki maupun perempuan.

Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: Ayat 183)

 Keutamaan Ibadah Puasa

Puasa menurut bahasa adalah menahan, menurut istilah puasa adalah menahan dari segala hawa nafsu yang bersifat zhohir (tampak) maupun bathin (tidak tampak) atau menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Puasa diperintahkan pertama kali di Bulan Sya'ban pada tahun ke-2 Hijriah. Agar tidak melakukannya dengan amal yang sia-sia saja, sudah seharusnya kita mengetahui ketentuan-ketentuan yang ada di dalam ibadah puasa ini, seperti rukun-rukunnya, sunnah-sunnah yang terdapat di dalamnya, hal-hal yang membatalkannya, dan yang tak kalah penting adalah keutamaan-keutamaannya. Maka, pada pembahasan kali ini penulis ingin membahas keutamaan puasa terlebih dahulu, sebelum membahas hal hal penting lainnya.

Allah telah menjelaskan di dalam wahyu-wahyu-Nya tentang keutamaan-keutamaan puasa dan keagungan pahala-pahala nya. Diantaranya :

1. Puasa sebagai sebuah perisai bagi seorang muslim yang dapat menjaganya dari hawa nafsu yang ada di dalam dirinya.

Sebagaimana Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

 الصَّوْمُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا العَبْدُ مِنَ النَّار

Artinya : "Puasa adalah perisai yang berlindung dengannya seorang hamba dari api neraka."

2. Puasa dapat menaklukkan hawa nafsu dan memperbaikinya.

Ketika kita berpuasa kita menahan dari segala sesuatu yang pada hakikatnya dibolehkan oleh Allah Ta'ala. Maka secara tidak langsung kita mengajarkan diri kita untuk menahan diri dari segala sesuatu yang diharamkan Allah Ta'ala.

3. Puasa adalah salah satu jalan dari sekian banyaknya jalan-jalan untuk menggapai Surga Allah. 

Sebagaimana yang di ceritakan Rasulullah dalam sabdanya bahwa di dalam Surga terdapat sebuah pintu yang diperuntukkan khusus untuk orang-orang yang berpuasa, dan tidak ada yang bisa masuk melalui pintu itu melainkan orang orang yang berpuasa. 

عن سهل بن سعد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : " إن في الجنة بابا يقال له الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة، لا يدخل منه أحد غيرهم." متفق عليه

Artinya : dari Sahal bin Sa'ad bahwasanya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: " Di dalam surga terdapat sebuah pintu yang disebut dengan Arrayyan, masuk melalui pintu itu orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat, tidak ada yang bisa masuk melaluinya selain orang-orang yang berpuasa". Muttafaq 'alaih

4. Puasa dapat menjadi syafaat di hari akhir kelak.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda :

عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : " الصيام والقرآن يشفعان للعبد يوم القيام" رواه أحمد و الطبراني في الكبير و رجال الطبراني رجال الصحيح

Artinya : Dari Abdullah bin Amru bin 'Ash radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Puasa dan Alquran akan menjadi syafa'at bagi hamba pada hari kiamat". Diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani

5. Puasa merupakan sebab terampuninya dosa-dosa dan terhindarnya dari perbuatan yang buruk. 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم : من صام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya : Dari Abi Huraira radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Barangsiapa yang berpuasa di Bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan perhitungan yang jelas, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya".

6. Puasa akan memberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat terhadap orang-orang yang mengerjakannya. 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ... للصائم فرحتان يفرحهما : إذا أفطر فرح بفطره، و إذا لقي ربه فرح بصومه

Artinya : Dari Abu Hurairoh radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "... Bagi orang yang berpuasa dua kebahagian yang mereka berbahagia dengannya yaitu : ketika ia berbuka maka ia berbahagia karena berbukanya itu, dan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya maka ia berbahagia karena puasanya".

7. Bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah daripada minyak kasturi.

Mengapa? Karena bau mulut tersebut disebabkan oleh ibadah dan ketaatan yang tercipta dari orang yang berpuasa. Walaupun dalam pandangan sesama manusia bau mulut orang yang berpuasa merukapan sesuatu yang menjanggal, akan tetapi bau mulut ini mulia disisi Allah Ta'ala.

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : والذي نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك

Artinya : Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Demi yang jiwa Muhammad ditangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah daripada minyak kasturi."

8. Puasa menjadi salah satu sebab dikabulkannya doa. 

Allah Ta'ala berfirman:

وَاِذَا سَأَلَـكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَإِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا يْ وَلْيُؤْمِنُوْابِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran." (QS. Al-Baqarah: Ayat 186)

Ayat ini Allah jelaskan di antara ayat ayat yang membahas tentang puasa, karena puasa memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan terkabulnya doa.

9. Puasa memberikan kesehatan dan kekuatan pada tubuh.

Ilmu kedokteran pun telah membuktikan bahwa dalam ibadah puasa terdapat begitu benyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya :
• Mengistirahatkan sistem pencernaan.
• Membantu dalam pengobatan infeksi atau peradangan.
• Membantu mengurangi kadar gula dalam darah.
• Membantu dalam pembakaran lemak.
• Membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
• Membantu mengurangi berat badan, Dll.

Inilah beberapa keutamaan keutamaan puasa yang bisa penulis paparkan pada kesempatan kali ini. Karena bulan ramadhan yang tak lama lagi akan kita jumpai, maka wajib bagi kita untuk segera mempersiapkan diri menyambutnya. Di bulan suci tahun ini sepertinya kita akan menghadapi beberapa kesulitan. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dunia sedang disibukkan dengan covid-19, yang mau tak mau akan berdampak pula terhadap pelaksanaan ibadah puasa tahun ini. Tapi bagaimanapun pelaksanaannya nanti, semoga tidak menjadi penghalang untuk kita melakukan ibadah kepada Allah Ta'ala. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendengarkan dan mentaati fatwa-fatwa ulama dan peraturan-peraturan pemerintah sebagai bentuk ikhtiar terbaik kita sebagai hamba.

Wallaahu a'lam.


________________
*Ditulis oleh: Yolanda Safitri, Mahasiswi Tahun 1 Jurusan Syari'ah Islamiyyah, Fakultas Dirasat Islamiyyah wal 'Arabiyah, Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir.


Share To:

FS Almakki

Post A Comment:

0 comments so far,add yours