Dalam Satu Bulan, Tiga Senior FS Almakki Raih Dua Doktoral dan Satu Magister

Tahun akedemik 2022/2023 menjadi torehan sejarah tersendiri bagi FS Almakki Mesir, Lima orang senior Almakki berhasil merampungkan studi pasca-sarjana mereka. Diawali oleh Kak Debi Sarianto yang berhasil menyelesaikan studi magistenya dibidang Tafsir dan Ulumul Qur’an, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar pada 28 Januari 2023 dengan predikat Mumtaz (Cumlade). Kemudian disusul oleh Kak Ariqul Jetson (Generasi 23 MAPK) yang juga merampungkan studi magisternya tanggal 4 Maret 2023 dengan predikat Mumtaz (Cumlaude) pada program studi yang sama.

Terkhusus bulan Mei 2023, tercatat ada tiga sidang munaqosyah pasca-sarjana yang diselesaikan oleh Senior FS Almakki Mesir. Dua sidang disertasi dan satu sidang tesis. Ketiga senior tersebut mewakili tiga fakultas yang berbeda, yaitu Sastra Arab, Syariah wal Qonun, dan Ushuluddin. Hal ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah akademik baik di FS Almakki maupun di KMM.

Mei 2023 diawali dengan sidang disertasi Kak Zakaria Darlin (Generasi 18 MAPK) dalam program studi Sastra Arab Modern, Departemen Riset, Studi Bahasa & Sastra arab di Institute of Arab Research and Studies (Liga Arab). Sidang munaqosyah tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 di Garden City, Kairo.

Kanda Zakaria Darlin

Pada disertasinya yang berjudul “Karakteristik Senarai Syair ‘Syajarullail’ karya Sholah Abdul Al-Sabbour dalam Analisis Ilmu Stilistika” itu berhasil mendapat predikat Mumtaz Ma'a Martabah Al-Syarof (Summa Cumlaude).

“Berkat rahmat Allah dan kasih sayang-Nya bisa sampai ke titik ini, sampai ke titik juang tertinggi dalam akademisi. Namun tentu bukan pemberhentian terakhir dalam rihlah tholabul ilmi.” pesan senior yang sehari-hari biasa disapa kak Jek itu.

Sidang kedua adalah sidang Tesis Kak Andi Kurniawan Jamaris (Generasi 16 MAPK) dalam program studi Fiqih Perbandingan Mazhab, Fakultas Syari’ah wal Qonun, Universitas Al-Azhar. Sidang munaqosyah tersebut diadakan pada tanggal 13 Mei 2023 di auditorium Muhammad Fuad Nadi, fakultas syari’ah wal qonun, Universitas Al-Azhar.

Kanda Andi Kurniawan

Pada tesisnya, Kak Andi mengangkat judul “Tahqiq dan Studi terhadap kitab Kasyf Al-Daqoiq fi Syarhi Kanz Al-Daqoiq karya Al-Imam Al-Syeikh Yusuf bin Mahmud bin Muhammad Al-Razi (w. 794 H) dari awal kitab Al-Ijaroh sampai akhir kitab Al-Udhiyyah”. Tesis yang luar biasa tersebut berhasil mendapat predikat Mumtaz (Cumlaude).

Mei 2023 pun akhirnya ditutup dengan sidang disertasi Kak Muhammad Arif (Generasi 11 MAPK) dalam program studi Tafsir & Ulumul Qur’an, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar. Sidang munaqosyah tersebut diselenggarakan pada tanggal 31 Mei 2023 di auditorium Muhammaad Al-Dzahabi, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar.

Kanda Muhammad Arif

Pada disertasinya yang berjudul “Tanggapan Imam Al-Alusi di dalam tafsirnya terhadap Imam Al-Zamakhsyari dari awal Surat Yasin sampai akhir Surat Al-Hadid (Studi, deskriptif & analitik)” beliau berhasil mendapat predikat Mumtaz Ma’a Martabah Al-Syarof Al-Tsaniyah (Magna Cumlaude).

“Ucapan terima kasih tak terhingga untuk seluruh keluarga besar FS Almakki Mesir yang sudah mendoakan, mensukseskan, dan meramaikan sidang munaqosyah tadi siang, walaupun dalam suasana ujian” pesan beliau.

Sejak dulu, Anggota FS Almakki selalu berusaha dan belomba-lomba mengukir prestasi dalam bidang akademik, sehingga pernah mendapat penghargaan sebagai almamater terbaik bidang akademik empat tahun berturut-turut dari tahun 2008 s/d 2011. Saat ini pada jenjang strata satu, tidak sedikit pula warga FS Almakki yang mendapat predikat mumtaz

Sebelum ada Pusiba, MAPK Koto Baru Padang Panjang juga rutin ‘mengirim’ delegasinya untuk melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar. Bahkan pada seleksi kemenag tahun 2021, salah satu warga Almakki, Muhammad Iqbal Novredy, generasi 32, menempati ranking 1 se-Indonesia, bersaing dengan 5000++ pendaftar lainnya kala itu.

Tentunya tren positif ini diharapkan terus berlanjut bahkan ditingkatkan lagi baik secara kualitas maupun kuantitas. FS Almakki Mesir sebagai salah satu almamater terbesar di Indonesia harus siap berkontribusi di masa yang akan datang sebagai lumbung calon ulama yang bermanhaj Azhary di Sumatera Barat dan Indonesia umumnya. 

Oleh : Irfan Amrullah Prasetyo
Kairo, 1 Juni 2023.
Share To:

FS Almakki

Post A Comment:

0 comments so far,add yours